Meningkatkan Pelayanan Gereja: Seminar "Pembekalan Pelayan" dan Pelatihan EasyWorship di Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Hurase
Keywords:
EasyWorship, Gereja, Pelayan Tuhan, PelayananAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat ini diinisiasi untuk mengatasi isu krusial di Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Hurase, sebuah gereja di pedesaan, yang sebelumnya belum pernah mendapatkan pembekalan pelayan khusus maupun pelatihan EasyWorship. Ini menjadi kebutuhan yang mendesak mengingat perkembangan zaman yang menuntut peningkatan kualitas pelayanan gereja dan adaptasi terhadap teknologi modern, krusial untuk efektivitas penyampaian firman Tuhan, lagu-lagu, ilustrasi khitbah, dan daya tarik ibadah, terutama bagi generasi muda. Pengabdian ini bertujuan untuk membekali pelayan gereja dengan pengetahuan dan keterampilan relevan, serta mengoptimalkan penggunaan media digital dalam ibadah. Pengabdian ini dilaksanakan dalam dua tahap: seminar "Pembekalan Pelayan" pada pagi sampai sore hari berfokus pada penguatan spiritual dan etika pelayanan, dilanjutkan dengan pelatihan penggunaan aplikasi EasyWorship pada malam hari untuk menunjang pelayanan multimedia. Berdasarkan observasi, pengabdian ini dipandang berhasil ditandai oleh antusiasme tinggi dari peserta dan pengakuan akan manfaat yang diterima, pemuda gereja (peserta) secara aktif mengambil bagian dalam pelayanan multimedia/proyektor, secara signifikan meningkatkan kapasitas dan efisiensi pelayanan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Hurase.

